Sunday, April 9, 2017

Sekalian Telanjang Saja



Karya tulis Mahaguru Lu: 蓮生活佛 > 師尊文集 > 256_拜訪大師 > 不如脫光算了
Beberapa bagian dipilih dan diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh Lotuschef – 5 April 2017
Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh Lotus Nino
Sumber: 不如脫光算了 Might As Well Strip Naked


蓮生活佛 > 師尊文集 > 256_拜訪大師 > 不如脫光算了

很多人批評我,初見盧師尊,見他的手腕上戴著「勞力士」的鑽石金錶。
雙手有很多克拉的紅寶石戒子。
胸前垂翡翠寶玉。
金色龍袍。
渾身珠光寶氣。
Banyak orang mengkritikku, saat pertama kali berjumpa dengan Mahaguru Lu, melihat beliau mengenakan jam Rolex yang terbuat dari emas dan bertabur berlian.
Di kedua tangannya terlihat mengenakan cincin dengan batu delima (rubi) ber-carat besar.
Jadeite, liontin giok berharga menggantung di depan dadanya.
Rompi naga keemasan.
Seluruh tubuh bersinar dan berkilauan dengan cahaya permata berharga.

批評是:「此人很俗氣!」
Kritiknya: Citarasa orang ini sangat vulgar (murahan)!

對於人們的批評,我只是笑笑而已,完全不理會,也不回應
Mendengar kritik dari orang-orang, aku hanya tertawa dan mengabaikannya, sama sekali tak menggubrisnya.

我行我素(這些珍寶,全是弟子送的)
Aku punya caraku sendiri.

有一天,有一位修行人上山找我,修行人身上著一白袍。

修行人問:「大師!穿龍袍為何?」
Sadhaka bertanya: Guru besar! Mengapa mengenakan rompi naga?

我答:「莊嚴。」
Aku menimpali: Mulia.

修行人問:「大師!佩金戴玉又為何?」
Sadhaka bertanya: Guru besar! Mengapa mengenakan emas dan dipadu padankan dengan giok?

我答:「莊嚴。」
Aku menimpali: Mulia.

修行人問:「大師!手腕戴『勞力士』鑽石金錶,也是莊嚴嗎?」
Sadhaka bertanya: Guru besar! Mengenakan jam Rolex dari emas dan berlian apakah juga supaya terlihat mulia?

我答:「是的。是莊嚴。又,時間非常的珍貴,以貴的錶來表徵。」
Aku menimpali: Ya. Supaya terlihat mulia. Lagi pula, Waktu sangatlah berharga, oleh karenanya menggunakan jam tangan yang mahal sebagai simbol.

修行人問:「大師!有人認為你是虛榮心作祟,這和一般人全身名牌一樣,你認為呢?」
Sadhaka bertanya: Guru besar! Beberapa orang menyimpulkan kalau otak materialistik Anda sedang bekerja, sama halnya dengan orang-orang yang menghiasi seluruh tubuh mereka dengan barang-barang bermerek, lantas bagaimana pendapat Anda?

我答:「外表一樣是隨順眾生,以利度眾,但,內在不一樣。我是外實,內也實,不是繡花枕頭,因此,可以度眾生。」
Aku menimpali: Penampilan luar juga untuk memenuhi tuntutan para insan, agar mudah menyelamatkan mereka, NAMUN, di dalam batin sangat berbeda. Aku jujur luar-dalam, bukan seperti bantal yang disulam (terlihat bagus dari luaran), demikianlah baru bisa menyelamatkan para insan.

我說:「法身佛,是脫光光。」
「報身佛,是半裸。」
「應身佛,全身珠光寶氣。」
Kukatakan: Buddha Dharmakaya, sepenuhnya telanjang.
Buddha Sambhogakaya, setengah telanjang.
Buddha Nirmanakaya, seluruh tubuhnya bersinar dan berkilauan dengan cahaya dari permata berharga.

修行人說:「人家批評你,俗氣。」
Sadhaka bilang: Orang-orang mengkritik Anda sebagai orang dengan selera murahan.

我答:「以俗度俗才容易。」
Aku menimpali: Menggunakan yang biasa/murahan untuk menyelamatkan yang biasa, maka akan mudah.

修行人問:「如何容易?」
Sadhaka bertanya: Mudah bagaimana?

我答:「我的穿著引起眾生注目,你來拜訪我,而我的目的已達。」
Aku menimpali: Aku mengenakannya untuk menarik perhatian para insan, kamu datang mengunjungiku, maka tujuanku telah tercapai.

修行人問:「大師!你內在修著如何?」
Sadhaka bertanya: Guru besar! Bagaimanakah dengan pelatihan kebatinan Anda?

我答:「身寂無依,念異不生,古今無間,森羅萬象,這還會嗎?」
Aku menimpali: Kondisi pikiran melihat diri yang menyendiri dan tak bergantung pada faktor-faktor di luaran, bermacam-macam pikiran tidak muncul, dari jaman dulu hingga sekarang tanpa terputus, fenomena tak terhitung banyaknya, tahukah tentang hal ini?

修行人說:「大師!是無影樹!」
Sadhaka bilang: Guru besar! Adalah pohon yang tak terlihat!

我說:「我早已全身脫光光了!你還要我脫光光嗎?」
Aku bilang: Aku sudah telanjang bulat sedari dulu! Kamu masih ingin aku melepas pakaian dan telanjang bulat?

修行人說:「啊!我終於明白了!」
Sadhaka bilang: Ah! Aku akhirnya paham!

我說:「休!休!休!」
Aku bilang: Berhenti! Berhenti! Berhenti!

我講「休休休」是什麼義?諸聖弟子,如何答我?
Aku mengatakan [Berhenti Berhenti Berhenti] ada arti apa di balik itu? Para murid suci, bagaimana menjawabku?

古往今來春復秋,又是什麼?
Dari jaman dahulu hingga sekarang, musim semi kembali ke musim gugur, apa artinya?

~~~~~~~~~~~~~~~~~

Hahaha!

Apa yang kamu dapatkan dari membaca artikel ini?

[--- 對於人們的批評,我只是笑笑而已,完全不理會,也不回應
[--- Mendengar kritik dari orang-orang, aku hanya tertawa dan mengabaikannya, sama sekali tak menggubrisnya.

我行我素(這些珍寶,全是弟子送的)---]
Aku punya caraku sendiri. ---]

Ini merupakan petunjuk utama yang Mahaguru Lu hendak beritahukan!


Salam Metta,

Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment