Tuesday, July 19, 2016

Drogmi Lotsawa (Bromi Yeshes)



Dibagikan dengan anotasi oleh Lotuschef – 18 Juli 2016
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: 卓弥译师 Bromi Yeshes




卓弥•释迦益希(藏文:འབྲོ་མི་ཤཀྱ་ཡེ་ཤེས་,威利:'bro mi shakya ye shes,994年-1078年),又称为卓弥译师,藏传佛教 后弘期高僧,佛经翻译家。

卓弥•释迦益希出生于西藏芒喀,当时正值藏传佛教后弘期之初,阿里王扎西孜巴(藏王俄松之孙)有三子因信仰佛法,便请洛敦•多杰旺秀(喇钦•贡巴饶赛的弟子、卫藏十人之一)派门徒前往拉堆(今昂仁一带)建立僧团,释迦益希便于此时出家为僧。此后他由扎西孜巴派遣至尼泊尔、印度学法。他曾在尼泊尔学梵文,后前往印度超戒寺修习,又在印度东部专修密法,并得道果教授。回藏后他翻译佛经、弘扬佛法,其弟子包括萨迦派创始人贡却杰布、噶举派创始人玛尔巴等人。

Di ceramah hari ini (per tanggal publikasi sumber artikel), Mahaguru Lu menceritakan tentang Bromi Yeshes (Drogmi Lotsawa) yang melihat Dharma sebagai hal yang sangat penting dan memberikan penekanan khusus dalam transmisi pelatihan Dharma.
Marpa sempat ditolak karena biaya yang diminta olehnya untuk mengajarkan dharma Layar Vajra sangatlah tinggi.

Drogmi Lotsawa merasa kalau kamu membayar harga yang tinggi (atau dengan porsi besar dari hartamu) untuk belajar Dharma darinya, maka kamu akan menghargai Dharma yang diajarkannya dan menjadi tekun bersadhana dan menggunakannya.

Hehe!

Jadi aku tidak gila dong saat mematok tarif $5000 per periode waktu tertentu untuk mengajarkan sadhana “Membuka mata ke-3”?
Selama kamu masih belum menguasai tekniknya, kamu akan terus membayar jumlah tersebut sampai bisa! :)

Seperti yang Mahaguru Lu katakan, banyak orang yang sama sekali tidak menghargai Dharma dan Abhiseka yang beliau berikan.
Persembahan untuk Abhiseka yang diberikan juga sangat menyedihkan karena banyak orang hanya memberikan uang dalam jumlah yang sangat kecil, seperti NTD 50 (sekitar SGD 2)!

Aku ingat saat pertama kali aku berlindung (bersarana), dan seorang murid yang pergi ke upacara di Seattle menyarankanku untuk memohon Abhiseka beberapa yidam tertentu.
Aku menulis 3 carik surat dan masing-masing berisikan permohonan 3 Abhiseka untuk yidam-yidam tertentu.
Keponakan si murid tersebut menambahkan namanya dan membayar $20.
Seorang murid lain juga menambahkan namanya dan membayar $15.
Aku membayar $100.

$15 untuk 9 macam abhiseka!
Hahaha!

Dulu aku sering menolong para murid tanpa memungut biaya sedikitpun, tapi mereka menyalahgunakan bantuanku dan tak mau repot bersadhana.
Banyak dari mereka yang mendekatiku untuk Wenshi (konsultasi pribadi) demi kepentingan mereka sendiri!

Dan sepertinya mentraktirku makan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan Wenshi gratisan!

Hahaha!

Jadinya? Kalau kamu ingin berkonsultasi denganku perihal persoalan pribadi (Wenshi), bayar dulu $3000 di muka dan aku akan menjadwalkannya untukmu.
Kamu hanya diberi waktu 20 menit saja, dan blok 20 menit selebihnya harus membayar di muka juga sebelum melanjutkan.

Mungkin aku tidak berwelas asih?
Aku memilih-milih orang untuk memberikan pengajaran?

Ya memangnya kenapa?

Kalau kamu bahkan tak punya dasar Mahayana yang baik, jangan buang-buang waktumu dan waktuku pula dengan menggangguku untuk mengajarimu Tantrayana!

Maksudku adalah jauhi saja aku dan belajarlah dari orang lain.

Jadi aku ini bukan satu-satunya orang yang aneh!

Aku juga tak suka menghambur-hamburkan sumber dayaku, seperti Waktu dan Tenagaku!

Lagipula, kamu tak bisa memilihku untuk mengajarimu kecuali kamu mau membayar dalam jumlah besar untuk belajar dariku!

Demikianlah, persenjatai dirimu baik-baik dengan dasar-dasar yang dibutuhkan sebelum kamu menginjakkan kaki di dalam Tantrayana!


Salam Metta,


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef 

No comments:

Post a Comment