Saturday, November 21, 2015

Mengungkungi Diri Sendiri!



Ditulis oleh Lotuschef – 15 November 2015
Diterjemahkan oleh Lotus Nino
Sumber: Self Encapsulation 把自己封在胶囊里!



Mahaguru Lu bilang bahwa mereka yang hengkang, bukanlah karena [Dharma tidak bagus]!

Hahaha!

Masalahnya adalah virus umum berupa Kemelekatan dan Racun!

Ketenaran, gelar, kuasa untuk mengontrol, kuasa untuk mendikte, …

Di artikel baru-baru ini, aku menuliskan bagaimana seorang murid diberitahu kalau ia telah melatih 4 Prayoga selama beberapa waktu sehingga ia boleh “MELANJUTKAN” ke Guru Yoga!

Kasihan sekali murid ini percaya pada saran yang diberikan, karena si pemberi saran punya gelar VM dan selalu menekankan kalau ia adalah murid Mahaguru Lu yang paling senior!

Itu berarti “wujud luaran”! :)

Jadi si murid tadi meninggikan dirinya sendiri sebagai Murid Tingkat Lanjut dan mencoba mengajar orang lain apa yang ia pikir sebagai “Jalan yang Benar”!

Di sini, ia mengungkungi dirinya sendiri ke dalam kapsul bernama “Murid Tingkat Lanjut” dan terbelenggu dengan erat di dalamnya!

Ya! Ia merintangi dirinya sendiri!

Banyak yang mencarinya dan saat ia menyarankan supaya mereka melatih sadhana “Puja Asap” sebagai ganti 4 Prayoga, mereka semua percaya dan setuju!

Aku, pada kebalikannya, menyarankan mereka untuk tidak melakukan hal tersebut; dan banyak dari mereka yang tentunya tak senang.

Masalah dengan murid ini sungguh banyak dan bermacam-macam!
Ia suka bertanya kepada mereka yang mampu “melihat” mengenai apa yang mereka lihat dan kemudian menggunakan informasi penglihatan tersebut untuk membuat orang-orang percaya seakan-akan ia punya kemampuan tersebut, dan berpikir kalau ia juga akan mempunyainya!

Ia membuat sebuah versi visualisasi Sutra Maharaja Avalokiteshvara (Gao Wang) setelah aku mengajarkan kepada orang-orang di sebuah sesi sadhana bersama.
Sayangnya ia gagal menangkap inti pentingnya. Aku memperingatkannya supaya tidak mengajarkan versinya kepada siapapun karena ia justru akan menyesatkan orang-orang dengan versi yang salah.

Satu lagi, ia juga suka meminta layanan wen-shi! :)

Seorang murid lain lagi, yang telah bersarana kepada Mahaguru Lu lebih dari 10 tahun.
Ia juga bergaya layaknya Murid Tingkat Lanjut!

Ia merasa bahwa kita seharusnya bersadhana untuk menyucikan diri dulu sebelum bisa melakukannya untuk insan lain!

Dengan Dharma Maha Kesempurnaan yang sedang diajarkan oleh Mahaguru Lu hingga saat ini, bisakah kamu menunjukkan masalahnya dan menolongnya? :)

Jalan lainnya, aku membagikan solusinya di kompilasi sadhana 4 Prayoga yang telah tersedia di dalam blogspot ini!

Siapa yang mengajarkan kalau kamu harus menyucikan diri sendiri sebelum kamu bisa menolong para insan?
Hehe!

Ada sebuah pertanyaan, Seberapa besar Iman dan Kepercayaanmu kepada Guru Akarmu sebagai seorang Buddha Hidup?!

Hahaha!

Cobalah renungkan:
“Kamu memberitahu dirimu sendiri, aku adalah seorang fashi / master / murid tingkat lanjut, jadi aku harus berbuat seperti ini dan itu!”

“Aku telah melatih ajaran Mahaguru Lu bertahun-tahun melebihi orang-orang lain, jadi aku pasti tahu lebih banyak dibanding para pemula atau yang lebih junior dalam kurun tahun!”

Hahaha!

Padahal kamu semua tak tahu bahwa semua ini merupakan rintangan yang kamu ciptakan sendiri, yang mencegahmu dari Mendobrak Bebas Merdeka – titik akhir Maha Mudra dan Maha Kesempurnaan!

Tentu saja Mahaguru Lu benar!
Kesalahannya bukan pada Dharma yang tidak bagus!

TAPI, pikiran awam dan berbagai ciptaannya!

Kamu memakaikan “Kunci-erat”, lem super kuat pada dirimu sendiri!

Kamu tak suka saat aku bilang bahwa kamu tak paham ajaran-ajaran Mahaguru Lu!

Mereka yang bersadhana bersamaku dan di mana aku juga menghabiskan banyak waktu menjelaskan hal-hal mendasar kepadamu, kamu tak memperhatikan dan tak mau bertanya bila ada yang tak jelas!

Mereka yang tak bersadhana bersamaku, tapi asal mengikuti perintah untuk menghantamku, kamu juga mengunci dirimu sendiri sesuai pilihanmu sendiri!

Jadi apakah aku ini egois karena tak berbagi ajaran?

TIDAK!
Justru kesalahanmu sendiri karena tak menunjukkan ketulusan untuk belajar dan membangun fondasi!

Kalau aku tak melihat ada Fondasi di dalam dirimu, aku tak akan memberimu bimbingan pribadi ataupun bimbingan khusus!

LAGIPULA kamu mau mengunci dirimu sendiri juga tak masalah, tapi janganlah mencoba mengunci orang lain, terutama aku!

Seperti yang Mahaguru Lu katakan: “Aku tak berhutang kepadamu dan kamu juga tak berhutang kepadaku, jadi kamu tak harus mendengarkanku!”
Sama halnya, aku juga tak perlu membuang-buang waktuku untukmu!

Aku percaya bahwa bila kamu punya jodoh dengan Buddha, kamu akan ditunjukkan JALANNYA!

Aku juga percaya bahwa lebih baik aku menggunakan waktuku untuk menulis dan berbagi secara online, sehingga semua orang bisa mengaksesnya kapan saja.

Aku benar-benar tak ingin menghabiskan waktu untuk menjelaskan masalah pribadimu ataupun kekuranganmu kepadamu!

DAN, aku tak memerlukan popularitas ataupun sampai harus membangun reputasi demi menarik pengikut!

Demikianlah saat kamu mengunci dirimu, hanya kamu sendirilah yang bisa membukanya!


Salam semuanya.


Om Guru Lian Sheng Siddhi Hom
Lama Lotuschef

No comments:

Post a Comment